Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Buah sirsak mengandung banyak vitamin, namun yang paling dominan pada buah sirsak adalah vitamin C, yaitu sekitar 20 mg per 100 gram daging buah. Kebutuhan vitamin C per orang per hari (yaitu 60 mg), telah dipenuhi hanya dengan mengonsumsi 300 gram daging buah sirsak. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada buah sirsak membuat ini antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan.

Sementara bahan lain yang terkandung dalam buah sirsak adalah Mineral, yaitu fosfor dan kalsium, masing-masing sebesar 27 dan 14 mg / 100 g. Kedua mineral tersebut penting untuk pembentukan massa tulang, sehingga berguna untuk membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis atau tulang kropos.

Tidak hanya gizi, buah sirsak juga sangat kaya akan komponen non-gizi. Salah satunya adalah yang mengandung banyak serat pangan (dietary fiber), yang mencapai 3,3 g / 100 g daging buah.
Jika kita mengkonsumsi 100 g daging buah sirsak kita sudah memenuhi 13 persen serat makanan sehari. Buah sirsak juga kaya akan senyawa fitokimia, sehingga untuk memastikan bahwa buah ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Berbagai manfaat buah sirsak untuk terapi antara lain pengobatan batu empedu, antisembelit, asam urat, dan meningkatkan nafsu makan. Selain itu, kadar serat juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan, terutama untuk pengobatan sembelit (susah buang air besar).

Manfaat Buah Sirsak lainnya adalah:

1 Diare pada bayi
Siapkan buah sirsak matang, lalu peras dan disaring untuk diambil airnya. Minumkan pada bayi dari 2-3 sendok makan.

2 Mengobati wasir.
Peras buah sirsak matang, ambil airnya sebanyak 1 gelas, minum 2 kali sehari, pagi dan sore.

3 Mengobati sakit kencing
Siapkan buah sirsak setengah matang dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air dengan 2 gelas, dan disaring air minum.

4. Nyeri kendung kemih.
Siapkan setengah matang buah sirsak, gula dan garam secukupnya. Masak semua bahan menjadi kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara teratur setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.

5. Mengobati Penyakit Hati.
Untungnya mengobati hati Anda maka makanan cepat saji lainnya. Anda hanya perlu minum jus sirsak selama 1 minggu sebagai pengganti makanan.

0 Response to "Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan"

Posting Komentar